About ‘gue’

(May 29, 2008)

banyak alasan kenapa orang suka minum kopi. dari sudut pandang tertentu, menyukai kopi mungkin bisa dianggap sebagai kegiatan yang mengusung unsur kecintaan akan bangsa. layaknya mengenakan batik sebagai lambang nasionalisme, cinta tanah air, maka tentunya boleh juga dong ngopi memiliki kadar kebanggaan akan negara, setara dengan memakai baju batik?

konon asal mula populernya jenis minuman ini adalah saat diselenggarakannya suatu festival di Chicago yang dinamakan ‘World’s Columbian Exhibition’ pada bulan Mei tahun 1893. dalam acara ini, dipamerkan beragam hal yang bersifat khas dari suatu negara. Salah satu negara peserta yang menempati area di tengah, ambil bagian dalam acara ini menampilkan mengusung beragam bentuk kesenian etnis Indonesia yang diwakili oleh peragaan membatik, dan pertunjukan wayang serta gamelang. di area yang di beri tema ‘the Java village’ inilah masyarakat internasional yang hadir saat itu diperkenalkan pada bentuk kesenian tersebut.

terdapat di dalam ‘the Java village’ tadi, sebuah ruangan yang bertajuk ‘Java lunch room’. namun yang disediakan melulu minuman kopi. sejak saat inilah, nama ‘Java’ synonymous dengan kopi.

kembali ke konsep ngopi dan cinta Indonesia tadi. berdasarkan hasil browsing, saya menemukan sejumlah penikmat kopi yang tidak saja paham betul mengenai tata cara penyajian kopi dengan genre yang sangat beragam tersebut, namun juga punya romansa yang sangat kental dengan masa lalu kopi di tanah air, tak kalah kentalnya dengan secangkir double espresso panas, dengan sensasi asam yang sangat tipis nyaris transparan dan bentukan froth cantik nan keemasan terasa lembut di bibir saat menyapu lapisan atas untuk menghirup wangi secangkir intoxication yang bisa membawa romansa masa lalu membayang di benak kita .. as if,  this both proletarian and royal beverage would entice you to its great magnetism and at the end you will end up wanting to know more of its past, its origin, its dreadful victims those who were sacrificed because of the kultur stelsel era, as well as its world-wide triumph.

gw suka banget ngopi. jangan tanya jenis kopi apa yg gw demen, dari negara mana yang punya kandungan vulkanis tertentu yang bisa bikin kopi enak, yang seberapa ‘gosong’ proses sangrai yg gw demen, apakah dengan campuran creme atau susu yang gw demen. gw demen cuma karena alasan simple.

gw demen tendangannya jek! sluuurrrrpppp

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: